Thursday, August 29, 2019

Perbedaan Akun Adsense Hosted dengan Adsense Nonhosted

Apa kelebihan, kekurangan dan perbedaan akun adsense hosted dan non hosted? 

Akun Adsense Hosted dengan Adsense Nonhosted


Jaringan penyedia iklan terkenal "Google Adsense" memang telah merubah kebijakan untuk persetujuan akun adsense bagi anda yang ingin mendaftar ke adsense, mereka haruh patuh aturan Google. Jika tidak, saya rasa Anda akan sulit untuk diterima oleh Google Adsense.

 Agar diterima adsense sebenarnya gampang. Ajukan permohonan untuk adsense melalui Youtube, blogspot dan menggunakannya di situs web lain yang Anda punya, terserah.

Proses pendaftaran yang mudah, disalahgunakan oleh sebagian Publisher. Setelah mereka diterima oleh pihak adsense, mereka malah menggunakannya di website² atau situs blog yang berkualitas rendah dan bahkan sering kali melakukan spam.

Jadi, akhirnya dari pihak Google memutuskan untuk membuat perubahan besar pada kebijakan - kebijakan adsense mereka sebagaimana dibahas di blog resmi mereka. Pada Januari - Maret 2019, pihak Google melakukan 2 kali perubahan mengenai kebijakan pada Adsense.

Ngomongin soal akun adsense, ada berapa sih jenis akun adsense? iya betul akun adsense terbagi dua jenis : hosted dan non hosted.hosted adalah akun adsense yang dihosting dan non hosted adalah akun adsense yang tidak dihosting

Apa perbedaan antara hosted dan yang non-hosted?

Perbedaan antara di host dan yang tidak dihost!


Akun Adsense Hosted


Akun adsense yang dihosting merupakan akun yang disetujui oleh situs mitra Google seperti situs Blogspot, Hubpages, atau Youtube. Jadi jika Anda mempunyai akun yang disetujui dari sana, itu disebut sebagai akun hosted adsense.

Ketika Anda ingin memasang iklan ke situs web yang tidak di-host, misal contohblog(.)com, maka Anda harus mengajukan terlebih dahulu permintaan untuk meningkatkan akun Anda dari yang di-host ke yang tidak di-host.

Mendapatkan Approve dari akun yang dihosting relatif lebih mudah ketimbang akun adsense yang tidak dihosting. Dalam jenis ini, Anda tidak harus mempunyai domain sendiri, dalam artian Anda bisa mendaftar adsense dari youtube dan blogger.

Setelah itu, Anda harus melalui proses selanjutnya, yaitu menambah URL situs website yang diinginkan ke Chanel URL akun adsense Anda.

Untuk akun adsense hosted biasanya ditandai dengan ca-host-pub-1556223355189109 atau lebih jelasnya seperti ini google_ad_client=”pub-1062087111657148″;
google_ad_host=”pub-1556223351139109″; hanya sebagai contoh!

pub-1062087111657148menunjukkan bahwa ID akun publisher Anda.

Sedangkan pub-1556223355189109 adalah untuk menunjukkan bahwa jenis akun Anda adalah berjenis hosted.

Berapa pembagian hasil adsense hosted?


Untuk menampilkan iklan dengan adsense untuk konten, Pubisher akan menerima 68% dari pendapatan yang diakui Google sehubungan dengan layanan tersebut.

Untuk adsense penelusuran, Publisher akan menerima 51% dari pendapatan yang diakui oleh Google.

Persentase ini konsisten, di mana pun lokasi geografis publisher, dan sama sekali bukan rata-rata antara publisher. Pihak adsense tidak menyebutkan bagi hasil untuk produk adsense lainnya; bagi hasil untuk produk lain bermacam², karena perbedaan biaya dalam pengembangan dan dukungan produk.
Anda juga dapat melihat detail bagi hasil pada akun Anda: Login ke akun Google Adsense > Klik Akun > pilih "Informasi akun", Anda akan melihat bagi hasil yang ditampilkan di samping "Produk aktif".



Misal, jika lelang inventaris iklan Google di situs web Anda menghasilkan $1000, dengan bagi hasil 68%, maka Anda akan memperoleh $680 dari adsense. Bagi hasil 51%, jika Anda mengumpulkan $1000, berarti Anda akan mendapatkan $510 dari iklan adsense jenis penelusuran.

Mungkin ada beberapa jaringan iklan selain adsense yang menawarkan bagi hasil sebesar 80%, jika Anda mengumpulkan sebanyak $1000, maka Anda akan memperoleh $800.

Apa kelebihan akun adsense hosted?


Beberapa kelebihan dari akun adsense hosted,salah satunya ialah mudahnya melakukan pendaftaran, karena hanya melalui 1 x tahap review, tidak perlu mengeluarkan modal banyak, karena blog yang kita digunakan secara otomatis sudah mendapatkan fasilitas hosting dan domain gratis bawaan blogspot (blogger).

Apa kekurangan akun adsense hosted?


Beberapa kekurangan akun adsense hosted lumayan banyak, diantaranya; kode iklan tidak bisa dipasang pada platform lain selain Youtube dan blogger. Jika waktu mendaftar Anda menggunakan domain blogspot, Anda tidak dapat menampilkan iklan jika mengganti domain menjadi TopLevelDomain (TLD). Jika Anda dikemudian hari berencana untuk custom domain, disarankan mengganti domain terlebih dahulu sebelum mendaftar Adsense.

Untuk menampilkan iklan pada domain TopLevelDomain (TLD), pemilik akun harus melakukan upgrade akun, dan harus verifikasi PIN terlebih dulu.

Penting (Akun Adsense Hosted) :

Persyaratan mendaftar dari Blogger, Youtube, HubPages.

Iklan tampil di situs Blogger atau Blogspot, Youtube, HubPages.

Pendaftaran mudah, cukup sekali tahap review, dan gratis hosting.

Kekurangannya, untuk proses upgrade cukup lama.

Akun Adsense Non-Hosted

Akun non-host adsense bisa Anda gunakan di situs web apa pun yang Anda miliki meskipun akun Anda ada di domain seperti .com, .id, .net atau .org dan situs web manapun.

Tetapi untuk mendapatkan akun adsense yang belum di hosting tidak mudah, karena sebagian orang mencoba menipu pihak AdSense agar disetujui sehingga mereka mengubah kebijakan. Anda harus memenuhi semua persyaratan agar disetujui.

Ketika Anda mengajukan permohonan pada pihak adsense, Anda diharuskan mempunyai blog atau situs web yang berkualitas yang sesuai dengan persyaratan adsense. Setelah itu, baru tim google akan meninjau situs atau akun Anda secara manual.

Anda harus mendapatkan persetujuan sebelum mulai memasang iklan di situs web lain jika tidak, tempat iklan Anda akan kosong (terlihat putih). Dalam hal ini, jika Anda ditolak oleh pihak Adsense. Anda bisa mencoba kembali sampai Anda akhirnya disetujui untuk akun yang tidak di-host.

Apa kelebihan akun adsense non hosted?


Kelebihan dari akun non hosted, iklan bisa tampil atau dipasang di mana saja. Anda juga bisa memasang kode iklan tanpa harus menunggu peninjauan terlebih dulu. Akun ini pun bisa digunakan pada Youtube ataupun WordPress tapi yang jenisnya self hosted.

Apa kekurangan dari akun adsense non hosted?


Beberapa kekurangan diantaranya  proses pendaftaran yang sulit. Sekali mendaftar belum tentu langsung diterima, apalagi peninjauan juga terdiri dari 2 tahapan. Untuk review pertama mesin milik Adsense akan melihat kualitas blog yang didaftarkan apakah sudah layak jika dipasangi iklan, navigasi blog tidak membingungkan, dan masih banyak syarat lainnya.

Peninjauan tahap kedua, blog akan diperiksa kualitasnya secara langsung oleh pihak Adsense. Artinya pemeriksaan tidak lagi dilakukan oleh robot atau mesin namun langsung oleh manusia, pemeriksaannya pun luamayan ribet.

Di tahap kedua inilah pengguna sering gagal, karena beberapa alasan seperti misal: navigasi blog sulit, konten tidak tersedia, dan konten tidak memenuhi syarat.

Sebaiknya jika anda ingin mendaftar akun non hosted, lebih dulu tahu syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh Google Adsense.

Catatan (Akun Adsense Non Hosted)

Untuk persyaratan mendaftar bisa dari WordPress, CMS atau PHP.

Iklan bisa dipasang atau pasang di platform mana saja.

Iklan akan tampil tidak harus menunggu review atau peninjauan.

Pendaftaran cukup sulit, harus melalui dua kali tahap review, dan hosting berbayar.

Lihat topik pembahasan lain, Tips dan cara mendaftar adsense agar mudah dan cepat diterima..
Load disqus comments

0 komentar